Potret Pendidikan di Montong, SD ini Muridnya Tinggal 30 Anak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Nampak dari depan sebuah bangunan gedung sekolah yang memanjang, terdiri dari tiga ruangan. Inilah potret Sekolah Dasar Negeri Pucangan II No.545 yang hanya menyisakan murid 30 anak.

Bertempat di tengah-tengah Dusun Grogolan, Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Puluhan siswa-siswi SDN tersebut, nampak ceria mengikuti proses belajar mengajar, maupun bermain saat istirahat.

Meski perkelas jumlah muridnya hanya hitungan jari, namun murid dan 5 orang guru induk yang diamanahkan untuk mendidik tersebut, terus memberikan ilmu dengan penuh semangat.

Menurut keterangan Kepala SDN tersebut, Dr. Jati Suroso ia mengatakan meskipun dalam satu kelas hanya mengajar 4-9 anak, namun para guru tetap semangat melaksanakan tugasnya.

Bahkan sambung Kepsek, saat ini ada yang lebih memprihatinkan lagi, yakni jumlah siswa-siswi kelas 1 yang hanya berjumlah 1 anak. "Kelas 1 berjumlah hanya 1 anak," sebutnya, Jumat (28/4/2016).

Lanjut Kepsek, meski begitu proses belajar mengajar dan berbagai kegiatan keagamaaan seperti halnya yasin, tahlil dan sholat berjamaah telah menjadi salah satu kegiatan rutin.

"Kegiatan keagamaan itu untuk menambah PAI dan pendidikan berkarakter," tambah Jati.

Di samping itu, SDN Pucangan II ini juga aktif dalam perlombaan di tingkat Kecamatan, seperti dalam rangka Agustusan dan perlombaan-perlombaan lainnya.[hud/ito]