Pegal Linu dan Darah Tinggi Dominasi di Posbindu di Margorejo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM), yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kerek di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, pada Sabtu (22/4/2017).

Petugas kesehatan menemukan banyak warga yang rata-rata datang dari usia lansia dan pra lansia tersebut, mengeluhkan penyakit pegal linu, darah tinggi dan diabet.

Hal itu seperti keterangan yang diperoleh blokTuban.com dari Penanggung jawab Posbindu PTM Hendrit, ia mengatakan kegiatan Posbindu di Desa Margorejo ini, rata-rata yang paling banyak hadir adalah usia lansia dan pra lansia. Mereka banyak yang mengeluhkan penyakit pegal linu, darah tinggi dan diabet.

"Posbindu ini, rata-rata didatangi oleh warga yang telah lansia dan pra lansia, kebanyakan penyakit yang dikeluhkan adalah Pegal linu, darah tinggi dan diabet," ungkap Hendrit kepada blokTuban.com.

Ia menambahkan, keluhan para warga tersebut disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, serta dalam sehari-hari kebanyakan warga di desa membiarkan dan kurang sadar dengan kondisi kesehatanya.

"Penyakit yang banyak dikeluhkan oleh warga itu dikarenakan pola hidup kurang sehat, serta masyarakat desa kurang sadar dengan kondisi kesehatanya," sambungnya.

Hendrit mengaku, pada kegiatan ini warga diperiksa oleh petugas kesehatan, diberikan obat dan konsultasi tentang kesehatan. "Obat gratis, hanya saja saat warga datang membawa foto kopi KTP," terangnya.

Saat ini lanjutnya, trend penyakit tidak menular meningkat, sehingga dia berharap kesadaran masyarakat terhadap kesehatan meningkat, dan jangan sampai menunggu penyakit tersebut sampai kronis.[hud/ito]