Junjung Transparansi, Desa ini Pasang Baliho APBDes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Salah satu desa di wilayah kerja perusahaan minyak dan gas (Migas) PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, dua tahun terakhir melakukan pemasangan baliho Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di depan kantor desa. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan transparansi pengelolaan APBDes kepada masyarakat.

Dalam baliho berukuran besar yang dipasang di depan kantor Desa Wangluwetan, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur itu dituangkan secara rinci soal besaran dan sumber pendapatan, pembiayaan serta belanja desa selama 2017.

Kepala Desa Wangluwetan, Elmi Hayati ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Sabtu (15/4/2017) mengatakan, pemasangan baliho pengelolaan APBDes ini dilakukan sejak dua tahun anggaran terakhir. Pemasangan baliho ini dilakukan sesuai dengan amanat perundang-undangan dan anjuran Bupati Tuban, agar masyarakat ikut mengawal dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) yang lebih dari 1 miliar.

"Dengan dipasang baliho, masyarakat bisa langsung memantau pembangunan desa dan ikut mengawal," kata Elmi sapaan akrabnya.

Elmi berharap, dengan adanya transparansi anggaran yang dikelola desa, masyarakat juga mendapat edukasi akan pentingnya kejujuran dan keterbukaan. Sebab, secara tidak langsung hal itu sangat mendidik masyarakat lebih aktif dan peduli terhadap desanya.

"Harapannya, dengan kepercayaan masyarakat bisa mendukung pembangunan di Desa Wangluwetan di tahun anggaran 2017 ini," pungkas Kades juara Senori Award kategori pengelola keuangan desa terbaik 2016 itu. [rof/rom]