Pemuda-Pemudi Tuban Gelar Baksos di Mliwang dan Talun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan pemuda-pemudi Tuban yang terdiri dari Komunitas Pemuda-pemudi Tuban Peduli Sesama (PTPS) Tuban, Blusukan Alam Tuban (BAT), Media Informasi Orang Tuban (Miot). Selasa (28/2/2017) melakukan Bakti Sosial (Baksos) di dua tempat berbeda.

Puluhan pemuda-pemudi tersebut melakukan Baksos pertamanya di Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Di desa yang berbatasan dengan Kecamatan Tambakboyo itu, puluhan pemuda-pemudi memberikan bantuan berupa uang tunai kepada salah satu nenek yang hidup sebatangkara.

Nenek tersebut adalah Kairah (80) atau akrab dipanggil dengan Mbah Bolong. Mbah Bolong hidup sebatangkara setelah dua anak dan suaminya meninggal dunia, dan kini ia bertempat di tanah milik Sekretaris Desa setempat.

"Kondisinya memprihatinkan, selain yang ditempati adalah tanah punya Sekdes, bangunannya juga bantuan dari pemerintah. Di tambah lagi, tangan kanan Mbah Bolong yang patah tulang," kata Azir Saputra, koordinator Baksos kepada blokTuban.com.

Setelah di Kawasan Kerek, puluhan pemuda-pemudi tersebut, langsung menuju Kecamatan Montong, untuk melakukan Baksos ke tempat Mbah Cilik, nenek sebatangkara yang mengidap penyakit asam urat dan kolesterol di Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Azir, menjelaskan Baksos ini bertujuan untuk meringankan beban mereka, karena dengan kondisi seperti itu, kedua orang yang sudah lanjut usia itu tidak lagi bisa mencari uang sendiri. "Aksi sosial ini sesuai dengan tema kita, kita berharap semoga baksos ini bermanfaat," kata Azir. [hud/col]