Belajar Otodidak, Ciptakan Aquascape Bernilai Jutaan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Diawali dengan hobi merawat ikan, dan kecintaannya terhadap seni, salah satu warga Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban secara otodidak mampu menciptakan Aquascap yang bernilai jutaan rupiah.

Warga tersebut adalah Nanang Istiawan (36), sejak empat tahun yang lalu ia mulai menggeluti membuat Aquascape. Bermodalkan keuletan dan keterampilan tangannya, ia mampu membuat hiasan rumah bertajuk pemandangan bawah laut yang dibentuk sedemikian rupa.

"Awalnya saya berjualan ikan hias, namun dengan angan-angan dan ide yang muncul untuk membuat Aquascape, saya bertekad untuk merakit sendiri, dan setelah browsing di internet saya mencoba mulai merangkai," ungkap Nanang, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Senin (2/1/2017).

Masih kata Nanang, percobaan untuk membuat Aquascape itu tidak langsung berjalan lancar, namun beberapa kali dirinya gagal. Dengan modal yang kecil dan terus mencoba, bapak dua anak tersebut akhirnya mampu dan berhasil membuat Aquascape yang  bernilai tinggi.

Dari pengakuannya, laki-laki yang juga bekerja di toko emas tersebut menjual Aquascape-nya dengan harga yang bervariasi, yakni antara Rp850.000 hingga Rp6 juta sesuai dengan ukuran dan bahan-bahan yang digunakan.

"Harganya relatif, tergantung pada ukuran Aquascape-nya dan hiasan di dalamnya," kata Nanang.

Hingga saat ini pemasaran yang dilakukan tidak hanya lokal, namun juga secara online. Tak pelak, peminat hasil karyanya itu tidak hanya dari Kabupaten Tuban, namun dari luar kabupaten juga ada. [hud/rom]

aquarium