Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sensus Ekonomi yang telah dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban beberapa bulan lalu, hingga saat ini masih tertahan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Sebab itu, sampai saat ini hasilnya belum diumumkan.

Diketahui, sensus dilakuakan selama satu bulan pada 1 hingga 31 Mei 2016 lalu. Kemudian saat ini hasil sensus masih dalam pengelolaan di tingkat Provinsi Jawa Timur dan belum ada laporan resmi.

“Masih dalam tahap scanner, karena mencakup seluruh Kabupaten se-Jawa Timur, jadi prosesnya panjang,” ungkap Kepala BPS Kabupaten Tuban, Prayogo Setyo Widodo.

Hasil sensus ekonomi 2016 nanti, lanjut Prayogo, akan diawali dengan release laporan presiden di tingkat nasioanal. Setelah hasilnya diumumkan, pihak BPS akan menindaklanjuti dengan melakukan survey ke masing-masing sektor untuk dijadikan sampel.

"Data hasil sensus ekonomi nantinya akan dijadikan data paling lengkap di bidang ekonomi, sehingga bisa digunakan untuk memperbaharui data lainnya untuk melihat pertumbuhan ekonomi," katanya.

Seusai hasil sensus diketahui, ia berharap dapat membantu dan menjadi dasar dari seluruh kegiatan ekonomi. Sebagaimana diketahui, hasil sensus dapat pula dijadikan landasan oleh pemerintah daerah sebagai bahan evaluasi, maupun sebagai landasan untuk penyusunan kebijakan. [dwi/rom]