Tim Gabungan Lakukan Operasi Mamin Jelang Natal dan Tahun Baru

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjelang perayaan natal dan tahun baru, tim gabungan yang diinisiasi Bidang Perdagangan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban melakukan operasi makanan dan minuman (Mamin), Selasa (20/12/2016).

Operasi mamin dilakukan pada beberapa titik diantaranya di Pasar Baru Tuban dan pertokoan retail modern di Bumi Wali. Diawali dari Pasar Baru Tuban, tim gabungan menyisir lapak sayur, toko perancangan hingga petak penjual daging.

Sementara pada toko retail atau swalayan dilakukan pengecekkan pada lorong makanan, baik makanan dalam kaleng ataupun makanan lainnya. Pengecekan fokus pada label batas kadaluarsa atau expired pada bungkus makanan.

"Terkait jelang natal dan tahun baru, operasi Mamin dilakukan dengan sasaran salah satunya di pasar dengan mengecek standar harga," kata Kabid Perdagangan, Bhismo S. Adji.

Selain itu, ketersediaan stok makanan dan minuman pula dilakukan pengecekan, terlebih pada pasar tradisional, sejauh ini di Tuban kota ketersediaan bahan Mamin cukup memadai.

"Hasilnya, sesuai pantauan di agen pasar harga cukup stabil. Kalau harga Mamin naik turun wajar selama itu terjadi secara temporer," terangnya. [dwi/rom]