Ayam Berkaki Empat di Tuban Hebohkan Warga

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Fenomena langka terjadi pada peranakan ayam milik Junaidi (28) Warga Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Jika pada umumnya, ayam hanya mempunyai dua kaki dibagian bawah tubuhnya. Namun, ayam milik Junaidi yang baru berusia tiga hari tersebut memiliki empat kaki.

Dua kaki berada di bagian tubuh ayam seperti biasanya, dan dua kaki lain berada disebelah samping tubuhnya.

Junaidi mengatakan, jika ayam miliknya yang berkaki empat tersebut adalah hasil indukan dari ayam kampung. Ayam tersebut lahir bersamaan dengan 16 anak ayam lainnya, tetapi hanya ayam itu saja berkaki empat.

"Hanya ada satu ayam yang memiliki empat kaki, lainnya berkaki dua," ujar Junaidi kepada blokTuban.com, Senin (12/12/2016)

Tak ada yang berbeda, ayam itupun ditempatkan bersama-sama dengan 16 peranakan ayam lainnya. Seperti pada umumnya saat usia ayam baru lahir tentu akan ditempatkan didalam kardus lalu diberikan lampu penerangan.

Lampu penerang tentu bertujuan untuk menghangatkan badan dari anak ayam tersebut, agar kondisi tubuhnya tetap terjaga, apalagi saat ini musim hujan.

"Saya berikan penerangan lampu dop, agar suhu badannya hangat," terangnya.

Junaidi mengungkapkan, gara-gara ayam miliknya yang berkaki empat tersebut, rumahnya ramai dikunjungi orang-orang hanya untuk melihat ayam uniknya itu.

"Banyak warga yang datang ke Rumah untuk melihat ayam berkaki empat ini," ucap Junaidi sambil menunjukkan ayam miliknya di atas meja.

Dia juga mengutarakan tidak akan menjual ayamnya itu dan akan terus memeliharanya. Sebab dia berpendapat bahwa ayam berkaki empat itu akan mendatangkan berkah baginya dan keluarganya. "Tidak saya dijual dan akan saya pelihara saja," pungkasnya.[nok/ito]