KPI Cabang Tuban Launching BP PIPA JKN

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Segenap perempuan yang tergabung dalam Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Cabang Tuban melaunching Balai Perempuan (BP) Pusat Informasi Pengaduan Advokasi (PIPA) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam temu jejaring, Rabu (16/11/2016).

Sejumlah perwakilan lapisan masyarakat, bidan dan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam kegiatan bertajuk Mewujudkan Jaminan Kesehatan Nasional Sebagai Bentuk Perlindungan Sosial yang Inklusif, Transformatif dan Adil Gender.

Koordinator Program Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan (Mampu) KPI Cabang Tuban, Devi Febriana mengatakan jaminan kesehatan memiliki peranan vital dalam masyarakat.

"Sebelumnya telah dilakukan penelitian jaminan pelayanan sosial dan diketahui hal penting perlu penanganan ada pada bidang kesehatan yang puncaknya dibentuk BP PIPA JKN," terang Devi.

Kedepan, lanjut devi berharap permasalahan mendasar terkait pelayanan kesehatan yang terjadi di desa dapat diinformasikan pada kader BP PIPA JKN. Sebab sejauh ini masyarakat kendati melihat banner berisi informasi pelayanan kesehatan di puskesmas misalnya masih belum memasyarakat. [dwi/col]