Dinkes: Harus Dilakukan Operasi Membuat Saluran Selang

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Balita bernama lengkap Ahmad Sarul Mar'i atau kini lebih dikerap disapa Joko Waras penderita Hidrosefalus tengah berada di bawah penanganan medis saat ini. Langkah penting yang dilakukan berkaitan penumpukan cairan di otak tersebut yakni operasi segera.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan penanganan operasi yang dilakukan yakni membuat saluran selang yang dimasukkan ke otak bagian tengah. Hal ini dilakukan lantaran cairan di dalam otak tidak bisa mengalir sebagaimana mestinya.

[Baca juga: Joko Akan Dirawat di RSUD Tuban Gratis ]

"Semestinya cairan dari otak disalurkan ke seluruh tubuh seperti melalui tulang belakang kemudian kembali lagi ke otak," kata Saiful kepada blokTuban.com.

Namun, kondisi normal sebagaimana mestinya tidak terjadi pada putra pertama pasangan Soleh Fatkur Rohman (22) dan Dwi Indah Setyowatai (20). Kendati sempat terjadi kendala kelengkapan administrasi, pengobatan Joko Waras akhirnya dapat dilakukan di RSUD Tuban.

"Saluran selang yang demasukkan ke otak bagian tengah tersebut nanti disalurkan ke bagin tubuh lainnya, bis perut bisa yang lain sehingga cairan dari otak bisa berputar," kata Saiful menambahkan.[dwi/ito]