Tingkatkan Kualitas Kader, Fatayat NU Gelar LKD

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan kader Fatayat Nahdotul Ulama (NU) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Senori dan Bangilan ikuti Latihan Kader Dasar (LKD) di Kantor Majlis Wakil Cabang (MWC NU) yang berada di Desa Leran, Kecamatan Senori, Tuban, Minggu (12/11/2016).

Panitia pelaksana, Ninik Nurcholifah mengatakan, dalam agenda LKD yang mengambil tema 'Pengkaderan Sebagai Pilar Kokoh Sebuah Organisasi' itu PAC Fatayat Senori mendelegasikan 83 kader. Sedangkan PAC Bangilan mengirim 57 Kader.

"Total peserta berjumlah 140 kader Fatayat NU dari dua PAC," ujarnya, Minggu (13/11/2016).

Lanjut wanita yang kini menjabat sebagai ketua PAC Senori itu menambahkan, tujuan dari pengkaderan Fatayat NU kali ini untuk mencetak kader yang Loyal, Visioner, dan mampu memajukan Fatayat di Masing masing kecamatan. Peserta LKD diberi pembekalan 3 wawasan oleh pemateri yang dimulai pagi hingga selesai sore pukul 16:00 WIB.

Lebih jauh Ninik sapaan akrabnya memaparkan, Pada Materi pertama tentang Kepemimpinan dan keorganisasian disampaikan oleh Umi Kulsum, ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tuban. Pada materi LKD kedua disampaikan oleh St. Sholikah yang mengangkat Demokrasi, Hak asasi manusia (HAM), dan Hak Perempuan. Sedangkan materi terakhir disampaikan oleh M. Anas tentang keaswajaan mengangkat penguatan Wawasan Kebangsaan Ahlusunnah Wal Jamaah Annahdliyah.

Sementara ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tuban, Umi Kulsum menjelaskan, alasan mengangkat materi isu tentang gender, karena melihat zaman sekarang persamaan derajat antara pria dan wanita setara. Tak jarang hal itu mengakibatkan kaum perempuan terkadang lupa terhadap kewajibannya.

"Semoga dengan LKD, Fatayat NU bisa mencetak kader yang berbakat," Umi Kulsum menandaskan.

Umi orang memanggilnya, juga berpesan kepada peserta LKD dari PAC Fatayat Senori dan Bangilan agar jangan pernah melupakan kodrat sebagai perempuan dan harus mengutamakan keluarga meskipun belajar Gender.[rof/ito]