Sutrisno dan Hikmatuz Zakiya Terpilih jadi Ketua

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tuban telah usai menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) XXII pada hari Minggu (9/10/2016).

Acara dua tahunan tersebut digelar selama dua hari di komplek gedung PC NU Kabupaten Tuban. Konfercab kali ini mengambil tema 'Peran Pelajar Bumi Wali Menuju Generasi Madani'.

Beberapa rangkaian Konfercab XXII IPNU-IPPNU cabang Tuban juga sudah dilalui. Laporan pertanggungjawaban PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tuban masa khidmat 2014-2016 telah disampaikan. Kemudian yang ditunggu-tunggu yaitu terpilihnya pengurus baru Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Tuban masa khidmat 2016-2018.

Ketua Demisioner PC IPNU Tuban masa khidmat 2014-2016, Falahuddin mengatakan, beberapa kegiatan konfercab sudah dilakukan dan hasilnya sudah didapat yaitu terpilihnya Sutrisno kader NU asal widang dan Hikmatuz Zakiya asal Tuban sebagai ketua terpilih IPNU-IPPNU Cabang Tuban, masa khidmat 2016-2018.

"Kegiatan Konfercab telah usai dan lancar tanpa ada halangan," ujar pelajar NU asal Soko itu, Minggu (9/10/2016) malam.

Pelajar yang akrab disapa Udin itu menambahkan, karena ketatnya peraturan administrasi banyak yang tidak dapat memenuhi persyaratan dari panitia. Sehingga hanya muncul dua kandidat calon dari kader IPNU yaitu Sutrisno dan Ali Mustofa, sedangkan IPPNU hanya satu nama calon yaitu Hikmatuz Zakiya.

Lanjut Udin, pemilihan ketua IPNU dilakukan decara rahasia dari jumlah total 43 hak pilih, sutresno memperolehan 41 suara dan Ali Musthofa hanya 2 suara. Sedangkan IPPNU hanya ada satu calon dengan perolehan dukungan 46 dari 50 suara. IPPNU calonnya satu, karena yang lolos pada tahap pemilihan bakal calon hanya satu.

"Pesan saya kepengurusan baru untuk memperkuat organisasi dengan komunikasi sehingga organisasi dapat berjalan dengan baik dan semoga lebih baik dari apa yang telah dicapai kepengurusan hari ini," ucapnya.

Terpisah ketu terpilih PC IPNU Tuban masa khidmat 2016-2018 Sutrisno mengatakan, ia merasa tidak percaya dan begitu terkesan, karena tidak ada niatan untuk menclonkan diri menjadi Ketua.

"Akan tetapi dari rekan IPNU banyak yang memilih saya ya mau gimana lagi," ucapnya merendah.

Saat ditanya blokTuban.com mengenai program IPNU kedepan dirinya akan melakukan penguatan ideologi dan membantu mengoptimalkn pengkaderan di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) dalam mendirikan pimpinan ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK).

Menurutnya PAC IPNU-IPPNU Se-Kabupaten Tuban 99 persen hampir sudah terbentuk, tinggal dua PAC, Senori dan Tambkboyo. Sedangkan untuk PAC yanh sudah terbentuk masih banyak PR dan PK yang belum terbentuk.

"Itu yang jadi program kedepan," tegasnya.

Senada juga diungkapkan Hikmatuz Zakiya sebagai ketua terpilih PC IPPNU Tuban. Dirinya juga merasa terharu atas kepercayaan rekanita IPPNU se-kabupaten Tuban yang diberikan kepadanya.

"Saya merasa belum pantas mengingat kemampuan saya yang sangat terbatas dan pengalaman belum seberapa," tuturnya.

Lebih lanjut pelajar putri NU asal Tuban untuk program kedepan, pihaknya lebih pada penguatan internal kader terlebih dahulu. Kemudian, dikepengurusannya dua tahun kedepan akan tetap berusaha membangun komunikasi yang baik di semua lini.[rof/ito]