Kembangkan Ekonomi Kreatif, UBK Beri Pelatihan Penguatan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk mengembangkan Ekonomi Kreatif produk unggulan yang ada di pedesaan, masyarakat Kecamatan Kerek ikuti Pelatihan Penguatan Usaha Barsama Komunitas (UBK) Berkah Karya Bersama, Minggu (9/10/2016).

Pelatihan yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Kerek itu dihadiri pula oleh Bapemas, Pemerintah Kecamatan Kerek serta Puluhan Masyarakat Kecamatan Kerek. UBK ini mengacu pada SK Bupati yang mana Kecamatan Kerek ini mempunyai beberapa produk unggulan di antaranya ialah batik dan keripik, sehingga kedua produk tersebut menjadi salah satu dari beberapa pembahasan dalam pelatihan penguatan ini.

Program dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini diharapkan bisa terbentuk BUMDes bersama-sama, di samping itu program ini juga bertujuan mampu mendorong nilai tambah ekonomi bagi masyarakat pedesaan.

"Pelatihan Penguatan ini diharapkan terbentuk sebuah BUMDes bersama-sama, sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat desa," ungkap pemberi Materi Taufiq Nurrohim kepada blokTuban.com.

Ditambahkan Taufiq dalam pelatihan ini, kelompok ditargetkan membentuk BUMDes bersama dan diberikan pemahaman bagai mana caranya agar produk yang dihasilkan banyak diminati para konsumen, dan cara pemasaran serta pentingnya peran struktur kelompok dalam program UBK ini.

"Peserta yang hadir diberikan materi cara berusaha sekaligus pentingmya kesolidan dan kerjasama dalam kelompok," katannya.[hud/ito]