Hujan Terus, Kualitas Tembakau Petani Kedungrejo Menurun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petani Tembakau di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mengalami kendala dalam masa panen pada saat ini, Minggu (9/10/2016).
Proses penjemuran hasil panen tembakau tak dapat dilakukan secara maksimal, pasalnya hujan terus turun di kawasan tersebut.

Salah seorang petani tembakau, Kasimin (50) mengatakan cuaca yang mendung bahkan hujan mau tak mau membuat  tembakaunya tidak dapat kering dengan sempurna, sehingga menyebabkan kualitas tembakau menurun.

"Proses pengeringan tembakau yang tidak sempurna membuat bau harumnya dan dan rasanya berubah," ungkap Kasimin kepada blokTuban.com.

Petani lain Kasiyo (55) mengatakan banyak petani yang mengeluh dengan hasil panen sekaligus proses penjemuran tembakau kali ini. Pasalnya
saat panas tembakau bisa sempurna dengan dijemur hanya satu kali. "Tanaman tembakau seharusnya cocok apabila panas matahari sempurna," sambung Kasiyo.

Namun mulai panen hingga proses penjemuran yang terkendala musim hujan sehingga selain penjemuran lebih lama, para petani juga melakukan pemanenan lebih cepat agar lahanya bisa diganti dengan tanaman yang lain seperti halnya padi, jagung dan kacang.[hud/col]