Idul Adha, Jalan Nasional Melompong

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Lalu lintas di sepanjang jalur pantura mulai dari ujung barat, Kecamatan Bancar, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, sampai ke ujung timur di Kecamatan Widang, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamongan, tidak seramai hari-hari biasa. Bahkan bisa dibilang sepi dari aktivitas kendaraan.

Sepinya lalu lintas di jalur nasional tersebut terasa sejak pagi, Senin (12/9/2016) menjelang Shalat Idul Adha. Bahkan sampai pukul 11.00 masih terlihat lengang.

Nyaris tidak ada kendaraan besar seperti truck dan trailer yang melintas. Terlihat didominasi mobil pribadi dan roda dua yang kebanyakan milik warga asli Tuban. Sesekali, yang melintas bus jurusan Surabaya-Semarang.

"Kalau hari ini sampai siang sepi sekali. Padahal kalau hari biasa Pantura pasti padat," jelas salah satu warga, Inuk, kepada blokTuban.com.

Kasatlantas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dhyno Indra Setyadi, menjelaskan hari ini tidak ada larangan bagi kendaraan besar melintas di Pantura seperti di hari Raya Idul Fitri.

"Sebelumnya memang ada edaran surat larangan dari Menhub, tapi (edaran) tersebut sudah dicabut," jelas Dhyno.

Dengan begitu, di Hari Raya Idul Adha kendaraan besar bebas melintas di Jalur Pantura. Diperkirakan Pantura akan kembali padat di atas jam 12 siang. [pur/ito]