Diklat Acarina ke-14 Berlokasi di Pegunungan Kapur Dua Kecamatan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelaksanaan diklat dasar angkatan ke 14 Pecinta Alam Acarina berlokasi di pegunungan kapur yang terdapat pada dua kecamatan di Kabupaten Tuban, Minggu (11/9/2016).

Diklat anggota baru berlangsung tiga hari sejak 9 September lalu dan berakhir hari ini. Kegiatan diklat dasar merupakan salah satu syarat mutlak yang harus diikuti oleh semua calon anggota baru PA Acarina.

"Itupun (diklat dasar) masih sebatas untuk anggota muda, karena untuk menjadi anggota tetap harus mengikuti diklat pengambilan point yang akan dilaksanakan bulan Desember mendatang," kata Pembina PA Acarina, M Ali Baharudin.

Diklat dasar PA Acarinya yang berada di bawah Yayasan Pecinta Alam Acarina Indonesia (YPPAI) tersebut diikuti oleh 14 peserta dari 86 peserta yang mendaftar sebelumnya. Setelah melalui seleksi yang ketat akhirnya 14 orang yang berhak mengikuti diklat lanjutan.

"Lokasi diklat hari pertama di daerah Menyuyur-Grabagan. Kemudian hari kedua moving camp ke daerah pegunungan kapur kecamatan Plumpang, tepatnya desa Pakis," kata ketua sispala PA. Acarina SMAN Rengel, Narita Eldian Fajrin..

Karena cuaca panas cukup ekstrim, lanjut Narita selama kegiatan begitu banyak peserta yang kelelahan dan mengalami dehidrasi. Dalam proses diklat satu orang tidak sanggup melanjutkan mengikuti pelaksanaan dan mengundurkan diri.

"Tapi, Alhamdulillah karena kesiapan panitia yang jumlahnya dua kali lipat dari peserta mampu mengkondusifkan dan mengantiaipasi segala kemungkinan yang terjadi," kata Narita menambahkan.[dwi/ito]