Dispertan Sidak Kesehatan Hewan Kurban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Menjelang hari raya Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi. Upaya kontrol terhadap hewan kurban terus dilakukan, guna memastikan hewan dalam keadaan sehat saat disembelih.

Beberapa tempat penampungan hewan kurban menjadi sasaran dari instansi Dinas Pertanian dan Peternakan, dalam hal ini yang turut membidangi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pipin Diah Larasati mengatakan, sidak dilakukan dalam rangka untuk memastikan bahwa kesehatan hewan kurban benar-benar aman. Kesehatan hewan kurban menjadi perhatian bagi pemerintah untuk memastikan bahwa kondisi hewan kurban benar-benar sehat dan dagingnya layak untuk dikonsumsi.

"Sebanyak 52 sapi dan 15 kambing kita periksa kesehatannya," ujar Pipin sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Jumat (9/9/2016).

Pipin menambahkan, hal ini dilakukan mengingat di beberapa daerah telah terjadi penyakit yang menyerang hewan Kurban. Seperti penyakit zoonosis dan anthrax yang bisa menular pada manusia. Oleh karenanya, sidak kali ini dilakukan dalam rangka memastikan kesehatan hewan Kurban.

"Tidak ada temuan penyakit selama sidak, kondisi hewan kurban dalam keadaan aman," pungkasnya. [nok/rom]