Data Akhir Agustus Hingga Saat Ini Kosong

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjelang Idul Adha atau dikenal umat Islam sebagai hari raya kurban, arus hewan kurban yang keluar masuk ke Jawa Timur melewati jalur alternatif Bojonegoro-Jatirogo pasti meningkat. Namun, semenjak 25 Agustus 2016 hingga hari ini, Jum'at (9/9/2016) tak ada satupun tercatat kendaraan pengangkut hewan yang masuk data check point (pos periksa/karantina) di pintu masuk Jatirogo Tuban.

Padahal, seharusnya kegiatan di check poin atau pos karantina di setiap pintu masuk bagi hewan ternak harus selalu dilakukan. Pemeriksaan terutama yang berkenaan dengan antisipasi terbawanya penyakit hewan menular pada masing-masing ternak sapi maupun kambing dan domba serta kerbau.

"Sejak Februari hingga Agustus hanya ada 53 Sapi dan 16 kambing saja yang masuk data kami, sedangkan bulan September tidak ada sama sekali," ujar Zainuri, Petugas Check point Jatirogo, Tuban kepada blokTuban.com, Jum'at (9/9/2016).

Menurutnya, walaupun pemeriksaan kesehatan hewan ternak telah dilakukan berulangkali. Misalnya, sebelum dibawa keluar daerah atau daerah asal ternak telah melakukan pemeriksaan. Selanjutnya saat  akan melewati batas wilayah provinsi/kabupaten/kota tujuan, ternak kembali diperiksa. Lantaran, terkadang kondisi kelelahan pada ternak dapat memicu kembali penyakit hewan menular. Misalnya, pengaruh perjalanan kendaraan yang terlalu jauh serta stres dan kurangnya asupan pakan selama di jalan dapat mengakibatkan munculnya penyakit.

“Sebetulnya sangat penting pemeriksaan hewan berkelanjutan di setiap pos, karena bisa jadi hewan mendadak sakit karena kelelahan di atas kendaraan,” ungkapnya.

Apabila ditemukan penyakit hewan maka ternak itu tidak boleh keluar dari karantina atau harus dipotong ataupun dikembalikan ke peternak. [rof/rom]