Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pelelangan Harus Segera Ditertibkan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Begitu selesai dilantik, Bupati Tuban Fathul Huda langsung merespon permasalahan sosial yang terjadi di Kabupaten Tuban, salah satunya yaitu kondisi terkini nelayan.

"Kondisi nelayan saat ini memilukan, masih belum mencapai taraf sejahtera," ucap Fathul Huda saat bercengkrama dengan awak media usai dilantik Senin (20/6/2016)

Bupati yang terpilih dua periode itu lantas menjelaskan, belum tercapainya kesejahteraan karena banyak aturan yang belum ditegakkan dengan betul. Oleh karena itu, dia mengisyaratkan bahwa peningkatan kesejahteraan nelayan masuk dalam kategori target khusus SKPD terkait.

"Pelelangan harus segera ditertibkan, harus ada inovasi pula yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan untuk mengatasi masalah ini," tutur Bupati berlatar belakang pengusaha.

Jika semua sudah diterapkan dengan betul, maka sudah pasti kondisi nelayan akan semakin membaik. Mengapa demikian, karena di Kabupaten Tuban ini sudah ada fasilitas penunjangnya. Contoh seperti di Bulu Bancar, telah tersedia Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang di situ juga terdapat sarana pelelangan yang cukup besar.

"Saya kira ini harus segera dibenahi, agar nasib nelayan semakin membaik dan kondisi perekonomiannya juga mengalami taraf peningkatan," pungkasnya.[nok/ito]