Gubernur Beri Tiga Catatan Penting saat Pelantikan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memberikan tiga catatan penting bagi pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Fathul Huda dan Noor Nahar Hussein dalam lima tahun mendatang, 2016-2021. Catatan ini berdasarkan kondisi geografis kabupaten yang berjuluk Bumi Wali sebagai kabupaten yang mulai tumbuh subur Industri.

Ada tiga catatan penting yang harus dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Tuban terpilih, catatan itu antara lain yang pertama, Peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM). Mengapa demikian, karena Tuban adalah daerah Industri yang masyarakatnya harus memiliki taraf kesejahteraan, tidak boleh ada ketimpangan sosial. Yang kedua, Infrastruktur hingga pedesaan harus dibenahi, karena jika jalan itu rusak dan berpotensi menghambat roda ekonomi pertanian, maka ongkos kirim petani sudah tentu akan naik, jadi pembangunan jangan dilakukan hanya saat menjelang Pilkada saja. Ketiga, Pelayanan Publik, Pelayanan ini harus diutamakan oleh pemerintahan, karena ini menyangkut dengan kepuasan masyarakat terhadap pola kepemimpinan suatu daerah dalam memberikan pelayanan.

"Tiga catatan tersebut merupakan hal dasar yang harus dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendatang," ujar Gubernur Jawa Timur dua periode itu, Senin (20/6/2016).

Selanjutnya, Pak Dhe Karwo menjelaskan, dampak dari ketiga catatan tadi jika sudah dipenuhi maka stabilitas masyarakat akan terjaga. Mulai dari SDM yang sudah mempuni untuk berkompetisi, jalan rusak yang sudah mulus, dan Pelayanan Publik yang lancar, maka disitulah letak sebuah capaian dari pemimpin untuk kepuasan masyrakatnya.

"Bupati dan Wakil Bupati Incumben harus lebih mengerti permasalahan di periode pertama, dan mengerjakan segala bentuk kekurangan di periode kedua, agar kesejahteraan itu benar-benaar dirasakan oleh rakyatnya," pungkas Soekarwo. [nok/rom]