Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Tuban Terapkan Program EMAS

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Guna menekan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Tuban, pusat pelayanan kesehatan di lingkungan Bumi Wali menerapkan program EMAS (Expanding Maternal And Neonatal Survival).

Diketahui, program ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Kesehatan RI dan USAID (United States Agency for International Development). Tidak terkecuali Kabupaten Tuban menjadi salah satu kabupaten yang berkesempatan menerapkan program tersebut.

"Program EMAS juga untuk meningkatkan kualitas sistem rujukan antara pelayanan kesehatan yang terkoordinir," kata Kepala Seksi (Kasi) Dinas Kesehatan, Muselah kepada blokTuban.com

Sistem rujukan di Tuban, dalam kurun satu tahun setengah ini mengalami peningkatan. Pasalnya, dalam satu jaringan aplikasi khusus rujukan pelayanan kesehatan dapat saling dipantau antarpemberi pelayanan kesehatan terkait.

"Contohnya rujukan untuk ibu bersalin pada beberapa rumah sakit di Tuban dapat kita pantau dari kantor (Dinkes). Apabila belum ditanggapi dari rumah sakit terkait dari kantor bisa dilakukan konfirmasi langsung ke petugas jaga," kata Muselah menambahkan.[dwi/col]