Kawasan Industri Tuban (KIT) Tak Kunjung Operasi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kawasan Industri Tuban (KIT) yang berada di Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban hingga saat ini tak kunjung beroperasi. Proyek yang mulai dibangun diawal tahun 2012 ini, masih terlihat sunyi seperti tak berpenghuni, meski sudah terlihat hasil pembangunan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana saat dikonfirmasi blokTuban.com perihal Kawasan Industri Tuban (KIT), menjelaskan, bahwa proyek itu merupakan milik investor swasta, jadi Pemkab tidak bisa ikut campur terkait operasionalnya kapan akan dibuka.

"Bukan milik Pemkab, itu milik swasta," terang Budi, Jumat, (17/6/2016)

Mantan kepala Bappeda itu juga menyatakan, hingga saat ini sudah banyak investor yang masuk, dari berbagi industri. Namun, meski demikian Pemkab tidak ada kewenangan untuk memberikan arahan perihal operasionalnya.

"Kita tidak bisa memaksa untuk segera diaktifkan, itu milik investor swasta," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Miyadi, memberikan pernyataan berbeda dari Sekda, untuk memulai Kawasan industri Tuban tergantung Pemerintah Daerah, karena lahan dan juga perusahaan sudah ada.

"DPRD hanya mendukung, apabila terdapat pelanggaran maka akan ditindak lanjuti," ucapnya.

Lebih lanjut Politikus PKB itu membeberkan, tindak lanjut dan peran merupakan kebijakan yang harus diambil oleh Pemerintah Daerah untuk menata Tuban ke depan lebih baik. Tetapi perlu diketahui, bahwa Bupati sudah melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) di Jakarta, rencana tahun 2017 KIT baru akan dimulai.

"Berapa banyak pabrik yang ada di KIT saya tidak mengetahui karena belum ada laporan dari Pemerintah Daerah, yang jelas DPRD siap melakukan evaluasi jika terdapat masalah dikemudian hari," pungkasnya.[nok/col]