Tapen 02 Diproyeksikan Produksi 250 Bph

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP) kembali melakukan Tajak (pemboran pertama) untuk kepentingan eksplorasi di Sumur Tapen 02, di Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Eksplorasi dilakukan, guna mengetahui secara pasti data cadangan Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang ada di perut bumi tersebut.

Di sumur 02 Tapen itu, tampaknya operator sudah bisa memprediksikan jumlah kapasitas produksi perharinya. "Perkiraan produksi di Tapen 02 itu sekitar 250 Barel per hari," kata Field Manager Pertamina EP Asset 4, Agus Amperianto, kepada blokTuban.com.

Apabila benar, maka jumlah produksi Tapen 02 lebih banyak dibandingkan dengan Tapen 01 yang sudah lebih dulu di eksploitasi. Selama ini, di sumur Tapen 01 baru bisa melakukan produksi sekitar 100 barel per hari.

"Kami berharap (eksplorasi) lancar, sehingga bisa sama-sama tahu potensi kandungan apa yang ada di Tuban (Tapen)?" lanjut Agus.

Diketahui, tajak sumur Tapen 02 mulai dilakukan pada Rabu (15/6/2016) kemarin. Pertamina EP akan melakukan pengeboran sedalam 3.000 meter untuk menembus lapisan bumi. Guna mengetahui potensi cadangan yang ada di dalam lapangan Tapen. [pur/rom]

 

*Ilustrasi Migas