Puasa, Penjual Jamu Gendong, Beralih Bertani

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bulan Ramadan, puluhan para penjual jamu gendong keliling di Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban libur berjualan.

Setiap bulan Ramadan para penjual jamu gendong yang biasanya keliling hingga ke kecamatan-kecamatan di seluruh Kabupaten Tuban ini, beralih sementara untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya dengan bertani menanam jagung.

Salah satu penjual jamu gendong Murtijah (45) mengatakan, untuk sementara ini semua penjual jamu gendong di desa ini libur, sekarang penjual jamu gendong yang merupakan kaum hawa ini membantu para suaminya di ladang.

"Setiap tahun, penjual jamu gendong ini libur hingga beberapa hari setelah Lebaran," terang Murtijah kepada blokTuban.com, Minggu (12/6/2016).

Murtijah menambahkan, hal itu dikarenakan bulan Ramadan ini jika tetap berjualan tidak akan laku, selain itu juga menghormati orang yang menunaikan ibadah puasa.

Salah satu Perangkat Desa Sukorejo Darwadi mengaku untuk penjual jamu gendong libur semua, namun untuk para penjual sayur berangkat ke pasar setelah sahur. Sekarang para penjual jamu gendong untuk sementara ini membantu suami di ladang.

"Mungkin beberapa minggu setelah lebaran baru penjual jamu gendong mulai berjualan lagi," tambah Darwadi.[hud/col]