Ramadan, Pemilik Pohon Kelapa Terima Banyak Permintaan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berkah bulan Ramadan identik dengan ramainya beragam penjual minuman menjelang buka puasa, namun tidak hanya itu yang terjadi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini. Berkah bulan ramadan juga didapat para petani, pasalnya di pinggiran ladang para petani yang berada di desa tersebut ditanami puluhan bahkan ratusan pohon kelapa dan siwalan.

Sehingga banyak para pedagang kaki lima dari luar Kecamatan Kerek yang membeli kelapa muda maupun siwalan di tempat ini.

Salah satu pemilik pohon kelapa Kacung (45) mengaku dalam sehari para pembeli dari luar Kecamatan Kerek dilayani, ada yang membeli hingga 100 buah kelapa muda ada juga yang membeli hingga 200 buah. Memang di ladang milik Kacung terdapat puluhan pohon kelapa.

"Awal Puasa Kemarin berapa pun permintaan pembeli saya layani," ujar Kacung Kepada blokTuban.com.

Untuk memetik kelapa muda sebanyak itu para pemilik pohon kelapa pun harus naik turun pohon kelapa yang ketinggianya mulai delapan meter hingga belasan meter beberapa kali.

Dari pantauan blokTuban.com ladang yang berada di Desa Kedungrejo memang banyak tumbuhan kelapa dan siwalan sehingga tidak menutup kemungkinan dari luar kecamatan juga mengambil kelapa muda dari Desa Kedungrejo.

Para petani sekaligus pemilik pohon kelapa muda mematok harga kelapa muda dengan harga Rp7.000,"Untuk harga saat bulan puasa ini mencapai Rp7.000 perbuah, sebelumnya hanya Rp5.000 hingga Rp6.000 saja" tambah Kacung. [hud/col]