Berikut Harga Sewa Lahan Permeter PT.KAI

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Masyarakat Tuban khususnya wilayah dekat stasiun lama Kereta Api, telah melaksanakan perpanjangan sewa lahan Milik PT.KAI yang selama ini mereka tempati. Kegiatan tersebut bertempat di Kantor stasiun lama Kelurahan Doromukti Kecamatan Tuban.

Dalam perpanjangan sewa lahan terdapat spesifikasi harga tanah yang bervariasi, baik yang digunakan sebagai hunian ataupun usaha.

Disampaikan Asisten Manager Pengusahaan Aset Daerah Operasi 8 Surabaya, Setiawan Agus, bahwa harga perpanjangan lahan ini bervariasi, jika lahan hanya digunakan untuk hunian maka harga /meternya adalah 1500, sedangkan jika lahan digunakan untuk campuran rumah sekaligus usaha maka /meternya adalah 2000, namun jika lahan digunakan untuk tempat usaha maka /meternya adalah 2500.

"Ada klasifikasi harga tentunya, lahan digunakan rumah, campuran, ataupun tempat usaha," terang Agus kepada blokTuban.com

Agus menambahkan, untuk harga sewa lahan PT.KAI berdasarkan prosesnya maka bisa dihitung dengan komputer karena ada rumus-rumusnya. Luas tanahnya berapa dan lahan difungsikan untuk apa, selesai dihitung maka hasilnya bisa diketahui. Jadi, bukan sekedar luas tanah yang dihitung, tetapi juga berkaitan dengan fungsi lahan.

"Pembayaran perpanjangan sewa lahan melalui bank, bukan dibayar di tempat," pungkasnya.

Diketahui, dalam perpanjangan sewa lahan PT.KAI (Kereta Api Indonesia) ditahun ini, masa sewa akan berakhir selama tiga tahun, dari 2016 hingga 2019.[nok/ito]