Dewan Ketahanan Pangan Sasar Indeks Pertanaman

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dewan Ketahanan Pangan tengah mengupayakan peningkatan produksi padi sebagai salah satu tanaman pangan strategis dengan menyasar indeks pertanaman.

Dalam upaya tersebut Dewan Ketatahan Pangan melibatkan Dinas Pertanian dan dinas terkait lainnya. Dinas Pertanian diharapkan mampu mengendalikan dan memanfaatkan lahan pertanian yang menjurus pada indek pertanaman.

Indeks pertanaman merupakan hasil perbandingan antara jumlah luas masing-masing jenis tanaman dalam pola tanam selama satu tahun. Capaian indek pertanaman dipengaruhi oleh kondisi lahan, pola tanam dan jenis benih padi yang ditanam.

"Perencanaan secara intern pada rembug tani semoga dapat mengatasi kendala yang dihadapi, sehingga pencapaian indek pertanaman dapat lebih dioptimalkan," kata Kepala Kelembagaan dan Ketenagaan, Aris Yulisetyanto.

Pada sistem tanam padi, lanjut Aris sudah mulai dikenalkan beberapa cara atau pola tanam. Pola tanam yang disosialisasi sistem Jajar Legowo, SRI dan Teknologi Hazton.[dwi/col]