Tim U-23 Indonesia Punya Potensi untuk Bersaing di Olimpiade

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Tim U-23 Indonesia, yang baru saja menyelesaikan perjalanan luar biasa mereka dalam Piala Asia U-23 2024, hingga mencapai babak play-off Olimpiade 2024 Paris melawan Guinea U-23, telah menorehkan sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang telah diraih oleh para pemain, pelatih, dan ofisial timnas.

"Meskipun Indonesia kalah dalam pertandingan terakhir melawan Guinea U-23 dengan skor 0-1, kami tetap bangga dengan perjuangan yang telah ditunjukkan oleh Marselino Ferdinan dan rekan-rekannya," terangnya dikutip dalam keterangan resminya, Jumat (10/5/2024). 

Erick menyatakan bahwa meskipun mereka belum berhasil masuk ke Olimpiade kali ini, pencapaian mereka sejak Piala Asia hingga playoff menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia memiliki kualitas untuk bersaing di Olimpiade. 

Erick juga mengungkapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung, termasuk Presiden Jokowi yang memberikan perhatian besar pada Timnas Indonesia. 

"Tiga item program pematangan timnas yaitu, pelatihan jangka panjang, talenta muda dan pemain naturalisasi," katanya. 

Menurutnya, timnas ini memiliki generasi emas yang menjanjikan, seperti Witan Marselino, Rizki Ridho, dan Ernando, serta pemain naturalisasi lainnya. 

Erick menegaskan bahwa program ini sudah berjalan sesuai rencana, dan mereka akan terus konsisten dalam memperbaiki hal-hal yang masih kurang. 

"Dengan pencapaian timnas U-23 ini, semoga sepak bola akan semakin menjadi perekat bangsa Indonesia," pungkasnya. [Dwi/Ali]