Warga Motong, Kembangkan Peternakan Burung Dara

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beragam peternakan ada di Kecamatan Montong, mulai dari peternakan sapi, Kambing bahkan setelah akhir-akhir ini banyak pencinta burung dara balap, para peternak burung dara pun mulai bermunculan.

Salah satu peternak Burung Dara di Dusun Lebak, Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Omdik (58), mengaku peternakan burung dara yang mulai ia rilis sejak bulan Agustus 2015 tersebut, saat ini sudah berkembang dan menjadi banyak.

"Dulu induknya hanya sekitar 50 ekor, namun sekarang semuanya sudah menjadi 100 ekor lebih," ungkap Omdik.

Sementara itu, semakin bertambahnya burung dara yang diternak, namun sampai saat ini ia belum pernah menjualnya, baik kepada warung masakan burung dara maupun ke pencinta burung yang telah ramai. Menurut Omdik, peternakan yang ia rintis akan dikembangkan terlebih dahulu.

Dalam sehari burung dara sebanyak itu mampu menghabiskan tiga kilogram pakan jagung, selain itu disediakan pula air yang diberi obat untuk merangsang burung tersebut agar cepat bertelur.

"Setiap kali bertelur membutuhkan waktu 19 hari untuk menetaskan, lalu 23 hari lagi bertelur kembali," tuturnya, kepada blokTuban.com.

Sebelumnya, sepasang induk lokal ia membelinya dengan harga Rp30 ribu, lalu dirawat di kandang bersama kambing, untuk kapasitas kandang tersebut bisa menampung hingg 280 ekor burung. [hud/rom]