Camat Kenduruan: Perlu ada Inovasi Baru Tape Tawaran

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Kecamatan Kenduruan sangat menyadari bahwa Sumber daya alam (SDA) dan Sumber daya Manusia (SDM) Desa Tawaran sangat maju, dibandingkan desa-desa lain yang berada di Kecamatan pinggiran wilayah Kabupaten Tuban ini.

Semua pihak memiliki peran yang penting dalam mengelola sumber daya alam, karenanya, peningkatan sumber daya manusia merupakan suatu keharusan, agar masyarakatnya lebih maju.

Hal tersebut disampaikan Camat Kenduruan, Hendro Basuki, saat ditemui di kantornya. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan, pihak kecamatan sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memberi pelatihan kepada warganya.

Lanjut Hendro, Desa Tawaran untuk hasil pertaniannya cukup tinggi, terutama padi, jagung dan singkong. Dari hasil tani tersebut, maka sejak dulu Tawaran terkenal dengan hasil olahan beras ketan yaitu Tape.

"Memang yang paling terkenal adalah tape ketan asli Tawaran yang sudah melegenda. Namun perlu ada inovasi baru juga dari tape, karena waktu konsumsinya cukup singkat," kata camat Kenduruan, kepada blokTuban.com.

Kelemahan mendasar pada tape ketan adalah teksturnya basah, maka cepat basi. Sebagai antisipasi hal tersebut, perlu adanya pembuatan makanan yang berbahan dasar tape, misalnya brem.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian Kabupaten Tuban. Agar diadakan pelatihan pengembangan produksi tape, baik dari ketan maupun dari singkong. Tape singkong jenis tape kering misalnya, tape ini justru lebih awet," ujarnya.

Ia menambahkan, meningkatnya kualitas SDM tentunya akan memberikan peluang yang besar bagi terlaksananya program dan kegiatan pembangunan desa secara efektif dan efesien. [rof/rom]