1 Juni, Gelombang Tinggi Diprediksi Terjang Laut Tuban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Gelombang tinggi diprediksi akan terjadi lagi di laut jawa, termasuk di Kabupaten Tuban. Gelombang tinggi akibat cuaca buruk diperkirakan terjadi pada 1 Juni 2016 besok.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono menjelaskan, gelombang tinggi diperkirakan mulai terjadi pukul 07.00 WIB. Akan berlangsung selama kurang lebih 15 jam.

"Secara umum, gelombang berkisar 0,5 sampai 1,5 meter. Juga bisa berpotensi sampai 2,5 meter," kata Joko, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Selasa (31/5/2016).

Dia melanjutkan, angin secara umum akan bertiup dari Timur Tenggara dengan kecepatan 10 sampai 25 knots, atau sekitar 18 sampai 38 kilometer perjam. Joko berharap, nelayan ataupun masyarakat mewaspadai potensi cuaca buruk ini.

Sementara itu, cuaca buruk sendiri sudah dirasakan nelayan sejak beberapa hari terakhir. Mereka memilih menambatkan perahu karena tingginya gelombang dan kencangnya angin laut. "Angin sangat kencang dan juga disertai hujan, banyak yang tidak berlayar demi keselamatan," kata salah satu nelayan asal Kampung Nelayan, Kecamatan Bancar, Sunardi. [pur/rom]