Di Bancar, Tercatat Ada 676 Armada Nelayan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kecamatan Bancar merupakan daerah pesisir pantai yang berada di Kabupaten Tuban. Oleh karena itu, daerah ini menjadi tumpuhan hidup bagi masyarakat pesisir pantai yang menggantungkan hidupnya untuk bekerja sebagai nelayan.

Dari data yang diperoleh blokTuban.com, total jumlah armada laut yang dimiliki nelayan ada sebanyak 676 unit.

Staf UPTD Perikanan dan Kelautan Kecamatan Bancar, Sudarwito mengatakan, total jumlah perahu nelayan di Kecamatan Bancar ada sebanyak 676 unit. Terdiri dari kapal porse sein ukuran besar hingga yang terkecil sampan.

"Untuk Porse sein ada 123 unit, Payangan Gardan 59, Payang Teri (dogol) 390, Bubu Rajungan ada 47 unit, Jaring beting 57," terang Mantan Staf TPI Glondonggede, kepada blokTuban.com, Selasa (31/5/2016).

Wito, sapaan akrabnya menjelaskan, data tersebut adalah data terbaru yang dimiliki oleh UPTD Perikanan dan Kelautan, yang tentu keberadaannya tidak hanya di Komplek wilayah perikanan Bulu saja, namun juga ada yang di Desa Bogorejo dan juga Bancar.

"Nelayan tidak hanya di kampung Bulu saja, tetapi juga ada yang di desa lain di Kecamatan Bancar," ujarnya.

Diketahui, meskipun jumlah armada nelayan tidak hanya di kampung nelayan Bulu, tapi yang mendominasi jumlah perahu diatas adalah nelayan Bulu. [nok/rom]