Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dapat dikatakan Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban sebagai sentra penghasil Cabai. Pasalnya tanaman cabai di Kecamatan Grabagan musim ini mencapai hingga 3318 hektar, Rabu (18/5/2016).

Angka tersebut diperoleh dari 11 yang terdiri dari desa yang berada dikecamatan tersebut. Para petani memilih menanami cabai ladangnya dikarenakan ladang yang berada dikecamatan tersebut merupakan tadah hujan sehingga cocok ditanami cabai.

POPT PHP Kecamatan Grabagan Zuliana mengatakan, luasan tanaman cabai yang mencapai hingga 3318 tahun ini mengalami penurunan, sebelumnya terdapat kurang lebih 4000 hektare. Penurunan tersebut petani para petani mengganti tanaman cabainya dengan tanaman kacang tanah.

"Cabai yang berada di Kecamatan Grabagan merupakan cabai lokal yakni petani melakukan pembibitan sendiri," ujar Zuliana kepada blokTuban.com.

Untuk hasil pemanenan mulai tahap awal hingga tahap akhir mencapai hingga delapan ton perhektar, yang dimana rata-rata panenan tersebut dilakukan hingga delapan sampai 10 kali tersebut.

Namun hasil tersebut tergantung perawatan  para petani dan musim, "Apabila perawatan maksimal dan masih ada hujan pemanenan bisa dilakukan hingga11 sampai 12 kali," pungkas Zuliana.[hud/col]