Petani Tahulu Rintis Tanam Jeruk di Sawah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petani Dusun Kentu, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban menanam Jeruk Buah di area persawahan yang sebagian besar biasa ditanami dengan tanaman padi. Meskipun tanaman jeruk buah tidak seproduktif tanaman padi, namun tanaman buah jeruk di sawah terbukti tumbuh dengan bagus, Kamis (12/5/2016).

Area persawahan seluas kurang lebih 1/4 hektar, milik Gianto dan Wardo warga dusun setempat, ditanami kurang lebih 200 pohon jeruk buah.

Dengan umur tanaman jeruk buah yang baru sekitar satu tahun setengah, perawatan dilakukan dengan rutin, begitu juga pemanenan belum pernah dilakukan sebelum pohon-pohon tersebut dirasa kuat menahan banyaknya buah.

"Saat ini sudah mulai berbuah, namun sebelum pohon tersebut berumur kurang lebih tiga tahun, buah belum bisa maksimal," ujar Wardo (50), kepada bT sapaan akrab blokTuban.com.

Untuk perawatan, kata Wardo, tidak terlalu sulit, namun dibutuhkan ketelatenan, dengan perawatan yang rutin seperti halnya penyemprotan daun, dan pemupukan yang sesuai.

"Semua dilakukan untuk antisipasi penyakit pada pohon maupun daun, dan perawatan harus dilakukan secara rutin, begitu juga pemupukannya," pungkas Wardo. [hud/rom]