Minyak Goreng Curah Turun, Minyak Kemasan Naik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Harga sembako sejak sebulan terakhir ini terpantau naik. Diduga karena musim Prepekan (hajatan Sambut bulan Ramadhan). Naiknya harga bertahap sedikit demi sedikit, dari sebelumnya harga gula berkisar diharga Rp12 ribu, saat ini naik drastis menjadi Rp15 ribu perkilogram.
 
"Para Penjual di pasar Bangilan mulai menaikkan harga dagangannya terutama gula, saat ini harga gula naik sebesar Rp3.000 perkilonya, hal ini disebabkan pasokan terlambat," kata salah satu pedagang di pasar Bangilan, Supiyah (51).
 
Ia menambahkan, naiknya harga gula sama seperti telur yang terjadi secara bertahap. Bulan-bulan lalu telur bisa dijual dengan harga Rp18 ribu, kini menjadi Rp19 ribu perkilogram, sedangkan minyak goreng curah turun.
 
"Sudah sepekan ini harga mulai naik turun, akan tetapi untuk minyak goreng curah mengalami penurunan, semula harga perkilonya Rp11.500 kini tinggal Rp11.000," tandasnya, kepada blokTuban.com, Rabu (11/5/2016).
 
Terpisah, Muhtarom (22) pedagang lain mengatakan, saat ini harga minyak goreng kemasan terpantau naik, semula Rp11.000 menjadi Rp11.500 per pack ukuran 1 kilogram. Belum diketahui secara jelas penyebab kenaikan harga minyak, namun diprediksi karena minimnya stok yang dikirimkan oleh distributor, membuat harga terus mengalami kenaikan.
 
"untuk saat ini, setok di gudang sudah mulai menipis, kemungkinan dengan keadaan yang kurang stabil akan menyebabkan terus naik harga," ujarnya saat ditemui di lapak miliknya. [rof/rom]