Sumur Bor, Alat Bantu Petani Tahulu Maksimalkan Hasil Pertanian

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berbeda dengan wilayah-wilayah lain, di Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban ini hampir semua pemilik sawah mempunyai sumur bor yang dipakai untuk irigasi sawah.

Pasalnya sumur-sumur bor yang berada di pematang sawah tersebut hanya sedalam enam sampai 10 meter dari permukaan air, sehingga para petani bisa dengan mudah membuat sumur bor untuk memaksimalkan penanaman padi dan hasil panen padinya.

Salah satu petani Desa Tahulu, Wardo (50), mengatakan hampir semua petani di Desa Tahulu dan Desa Kapu utamanya petani yang menggarap persawahan mempunyai sumur bor sendiri di pingggir sawah.

"Sumur-sumur bor milik pribadi ini sangat membantu petani, karena petani bisa memaksimalkan hasil sawahnya hingga melakukan panen padi tiga kali dalam setahun," ungkap Wardo kepada blokTuban.com.

Meskipun musim kemarau, sumur bor tersebut tidak mengalami kekeringan, sehingga dengan bermodalkan solar para petani telah bisa memanfaatkan sumur bor itu dengan diesel.

Petani lain Janji (50) mengatakan, bisanya untuk tanaman padi apabila musimnya panas dalam satu minggu bisa difungsikan dua kali."Kalau tanaman lagi butuh irigasi, pemilik sumur bor tersebut langsung menghidupkan dieselnya," tambah Janji.

Perlu diketahui bahwa sumur bor tersebut berada dibawah gubug, dan para warga telah memberinya sebuah diesel dan sebuah pipa yang cukup.[hud/ito]