Muhammadiyah: Awal Ramadhan 6 Juni 2016

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Ramadhan, bulan yang ditunggu umat muslim seluruh dunia akan segera disongsong kurang dari sebulan. Sebabnya, bulan penuh berkah ini akan jatuh pada awal Juni 2016.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, Organisasi Masyarakat (Ormas) Muhammadiyah, menetapkan awal malam bulan Ramadhan tahun ini pada hari Ahad Legi, tanggal 5 Juni tahun 2016. Merujuk pada penghitungan Hisab Hakiki Wujudul Hilal, dimana tinggi bulan pada saat matahari terbenam di tanggal 5 Juni sudah berada di atas ufuk. Atau bisa dikatakan sudah berganti dari bulan Sya'ban ke bulan Ramadhan.

"Ahad malam (tanggal 5 Juni) sudah mulai shalat tarawih, sehingga besoknya tanggal 6 Juni sudah puasa," kata Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Tuban, Nurul Yakin, Kamis (5/5/2016).

Penghitungan ini, tampaknya sudah ditetapkan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Hanya saja, belum ada edaran resmi yang dibagikan ke daerah. Biasanya, edaran tersebut akan langsung dibagikan ke daerah menjelang bulan Ramadhan.

"Meski begitu kami yakin warga Muhammadiyah banyak yang sudah tahu. Terutama dari media," kata Nurul Yakin.

Muhammadiyah juga memperkirakan, awal puasa juga akan dilakukan bersamaan dengan warga Nahdlatul Ulama. Meski nanti ada perbedaan, dia meminta agar hal itu tidak menjadi pengahalang menyambut bulan suci Ramadhan. Karena pada dasarnya, inti Ramadhan adalah bisa memperbanyak amal ibadah dengan sebanyak-banyaknya. [pur/ito]