22 Sastrawan Siap Unjuk Karya di Pameran 'Dua Empat Jam'

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pameran sastra yang akan dihelat Komunitas Langit Tuban bekerjasama dengan media online www.blokTuban.com, terus dipersiapkan dengan matang. Saat ini, sudah ada 22 sastrawan yang siap unjuk karya di pameran tanggal 7 sampai 8 Mei 2016 besok.

"Sastrawan ini adalah orang-orang yang aktif menulis di Kabupaten Tuban," kata Ketua Umum Komunitas Langit Tuban, Sumartik, kepada blokTuban.com, Rabu (4/5/2016).

Sumartik mengatakan, semua karya milik sastrawan sudah dikumpulkan panitia. Kurator di pameran sastra ini adalah Dr. Sariban, atau akrab dipanggil Cak Sariban. Penulis asal Tuban itu juga sebagai Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Unisda Lamongan.

Beberapa nama yang sudah masuk, diantaranya adalah Drs Suhariyadi,Mpd, seorang sastrawan, penulis, seniman teater, dan juga pengajar sastra di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unirow Tuban. Kemudian, Darju Prasetya, penulis buku nasional sekaligus pendidik di Tuban, juga beberapa nama diantaranya adalah Lilik Istianah, Salamah/Dharmampu, Suantoko, Khumaidi, Chubaibillah, Nanang Syafi'i dan beberapa penulis lain.

"Selain itu banyak juga penulis muda di Tuban yang akan bergabung di pameran sastra ini," kata Sumartik.

Diketahui, pameran ini digelar sebagai pengingat kalau Tuban mempunyai banyak penulis potensial. Mereka masih terus berkarya, dan aktif menulis sampai detik ini. Sumartik mengatakan, sastra di Tuban sudah mulai bergeliat. Hanya saja, banyak masyarakat yang kurang mengetahui. Dia mencontohkan nama Darju Prasetya, penulis asal Tuban yang nama dan karyanya sudah menasional di kalangan penulis.

"Karya sastra yang ada di pameran ini, juga akan kami kumpulkan untuk dijadikan antologi dalam sebuah buku," jelas Sumartik.

Tidak hanya pameran sastra, acara yang hanya berlangsung dalam 24 jam itu juga akan diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan. Seperti bedah buku berjudul 'Orang-orang yang Terasing' karya Darju Prasetya dan juga Sarasehan Proses dalam Berfilm.

Penasaran dengan siapa saja penulisnya? Yuk langsung datang ke lokasi acara. Gratis dan terbuka bagi siapapun. [pur/rom]