Masyarakat Harus Diberi Ruang dalam Pengembangan TWT

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban menggelar pertemuan dengan Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban. Pertemuan tersebut membahas tindak lanjut pengembangan Terminal Wisata Laut (TWT) yang berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu.

Diketahui, sebelumnya sudah dilakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemkab Tuban dengan Investor Juwana Water Fantasy (JWF) pada Senin, 4 April bertempat di Kantor Wakil Bupati Tuban.

Ketua Komisi B, Karjo mengatakan, pertemuan dilaksanakan untuk membahas nasib terminal wisata Tuban yang saat ini dinilai pengembangannya kurang maksimal. Sehubungan dengan adanya investor yang akan turut serta dalam pengembangan TWT, maka dari itu dibicarakan konsep baiknya seperti apa terminal laut ini kedepannya.

"Konsep kerja samanya harus ditata, diusahakan harus bisa bermanfaat bagi masyarakat Tuban," ujar Karjo, Kamis, (5/5/2016)

Anggota dewan asal Fraksi PDIP tersebut menjelaskan, bahwa di dalam konsep nanti yang diusulkan diharapkan bisa memberi ruang bagi masyarakat sekitar untuk ikut serta atau ambil peran dalam memeriahkan wisata laut tersebut. Sehingga, masyarakat tidak hanya jadi penonton saja di daerahnya, tapi juga bisa menjadi pelaku usaha.

"Jadi konsep-konsep ekonomi juga harus dibangun agar kehadiran investor atau nanti pada saat TWT ini resmi buka maka akan terasa bermanfaat bagi masyarakat Tuban," pungkasnya. [nok/col]