Petani Cemas, UPTB-BPKP Montong Beri Solusi Penyakit Padi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petani Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mengeluh dan cemas, lantaran tanaman padi miliknya terserang penyakit merah, Rabu (4/5/2016).

Menanggapi hal tersebut, Unit Pelaksanaan Teknis Badan-Balai Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (UPTB-BPKP) Kecamatan Montong, melalui Kepala POPT-PHP Sunarto mengatakan, bahwa pihaknya sebelumnya telah melakukan sosialisasi dan akan secepatnya memberikan solusi penyakit padi yang diresahkan oleh para petani.

"Untuk sosialisasi kami telah sering adakan, dengan Pemerintah Desa (Pemdes) maupun kepada petani langsung," ujar Sunarto, kepada blokTuban.com.

Sunarto menambahkan, penyakit merah pada tanaman padi ini bisa disebabkan oleh debu, angin serta Penggunaan pupuk Nitrogen (N) yang berlebihan dan pengairan yang tidak cukup.

"Dengan itu kami akan memberikan solusi penggunaan agen hayati, dan apabila itu merupakan sebuah penyakit pengendalian akan memakai obat fungisida," tambah Kepala POPT-PHP Kecamatan Montong.

Diketahui, bahwa sebelumnya petani di Desa Talun cemas dengan penyakit padi yang sulit untuk dikendalikan, padahal petani telah melakukan penyemprotan yang diharapkan agar penyakit tersebut bisa hilang. [hud/rom]