Syarat Keberangkatan CJH Tuban Terpenuhi, Vaksinasi Meningitis Dilakukan

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban mulai memenuhi berbagai syarat keberangkatan untuk perjalanan suci ke tanah suci, salah satunya dengan mendapatkan vaksinasi meningitis.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, Esti Surahmi, menyatakan bahwa vaksin meningitis merupakan salah satu persyaratan wajib bagi CJH yang akan berangkat tahun ini.

"Seluruh calon jemaah haji tentu mendapatkan vaksin meningitis ini," ungkapnya kepada blokTuban.com pada Minggu (28/4/2024).

Esti menjelaskan bahwa vaksinasi meningitis bagi CJH telah dimulai sejak 24 April 2024 lalu dan diharapkan selesai dalam minggu ini. 

Vaksin meningitis bertujuan untuk mencegah penyakit meningitis dengan merangsang sistem imun tubuh untuk membentuk antibodi yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit.

"Vaksinasi dilakukan di puskesmas, sehingga calon jemaah haji dapat mendapatkannya sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya," tambahnya.

Diharapkan dengan pemberian vaksinasi ini, CJH yang akan menjalankan ibadah haji di tanah suci dapat tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah mereka.

 [Sav/Ali]