Camat: Tujuan Mulia Memfasilitasi UKM Desa Sidokumpul

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Sidokumpul Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Dengan sektor UKM, pengangguran akibat penyempitan ruang gerak ekonomi dan angkatan kerja yang tidak terserap dalam dunia kerja menjadi berkurang.

Oleh karena itu, camat Bangilan, Drs. Sartono, saat ditemui blokTuban.com di kantornya, menyampaikan keseriusan Pemerintah Kecamatan memfasilitasi serta memberikan kesempatan untuk mengembangkan produk-produknya.

"Sebuah tujuan yang mulia dengan memfasilitasi pengembangan UKM di Desa Sidokumpul, melalui Program UKM yang lebih inovatif" ujar Sartono.

Lanjutnya, Selain menjadi potensi keunggulan desa, kegiatan industri rumahan juga menjadi ajang kompetisi sehat bagi para UKM yang mampu memicu untuk lebih meningkatkan taraf hidup, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Ia sangat mengapresiasi atas peran para pelaku UKM, khususnya industri tempe dan rengginang yang telah berpartisipasi dalam upaya pengembangan UKM, dan diharapkan ke depannya akan semakin banyak lagi kelompok masyarakat yang turut menghadirkan UKM baru.

"Pasar-pasar tradisional di kecamatan sekitar bisa menjadi tempat penjualan hasil produksi sekaligus membantu pemasaran produk asli daerah Kecamatan Bangilan," imbuhnya.

Camat Bangilan, ini juga mengharapkan agar pelaku UKM bisa tercover oleh desa, dengan membentuk kelompok atau semacam asosiasi, kemudian bisa diadakan pelatihan-pelatihan oleh Dinas Koperasi dan UKM.

"Masyarakat harus kompak, sehingga produk-produk UKM di desa Sidokumpul nantinya juga meningkatkan dari segi kualitas dan menyesuaikan dengan standar mutu penjualan," tandas Pak Camat.

Dengan diberikan pelatihan-pelatihan atau pembinaan, Kata Camat, diharapkan produk mereka bisa diminati oleh konsumen. "Salah satu pembinaan yang bisa diberikan, misalnya tampilan luar atau pembungkus barang dagangan mereka dengan sesuatu yang lebih menarik," punkasnya. [rof/rom]