Kejar Target, Petani Bangilan Genjot Produktivitas Padi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pendamping pertanian di wilayah Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, mendorong petani di wilayah setempat menggenjot produktivitas padi pada musim tanam kedua. Hal ini dilakukan agar produksi tanaman pangan tersebut mencapai target hingga akhir tahun.

“Target produksi padi itu dihitung selama setahun, kalau produksi di musim tanam pertama ini berkurang, pada musim tanam kedua bisa digenjot agar hasilnya maksimal,” kata Kepala UPTB Kecamatan Bangilan, Sugihartono kepada Reporter blokTuban.com.

Menurut dia, upaya agar petani menggenjot produktivitas padi pada musim tanam kedua itu, karena produksi padi musim tanam pertama yang saat ini memasuki panen diprediksi menurun. Sebab, panen yang tidak bersamaan selain itu juga dipicu dan robohnya tanaman padi akibat angin kencang disertai dengan hujan deras.

Dia mengatakan, petani tidak dapat berbuat banyak menghadapi peristiwa alam itu. "Sehingga upaya yang dilakukan dengan memanen dini tanaman padi mereka, meskipun sebagian sawah belum waktu panen supaya padi yang tidak rusak karena angin masih terselamatkan," imbuhnya.

Anhar (49),Salah satu petani asal Weden, Bangilan ini mengamini apa yang diarahkan oleh penyuluh pertanian. Para petani saat ini sudah siap tanam yang kedua, mengenai air para petani yakin musim hujan masih panjang.

"Puluhan hektare sawah di desa kami sudah mulai penanaman, karena hujan masih mengguyur di wilayah ini," ujarnya. [rof/col]