Kompak Cari Bunga Kenanga untuk Tambah Pendapatan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasangan suami istri (pasutri) di Desa Gununganyar, Kecamatan Soko, Tuban sungguh kreatif. Untuk menambah pendapatan sehari-hari dengan mencari bunga kenanga di ladang, untuk kemudian dijual ke pasar. Hasilnya pun lumayan besar.

Bunga kenanga memang banyak diminati masyarakat, salah satunya untuk bunga tabur di makam. Sehingga banyaknya permintaan di pasar membuat Aslikah (50) dan suaminya. Torkemad (55) setiap sore hari mencari bunga tersebut untuk dijual ke pasar, sebagai penghasilan tambahan keluarga.

Setiap kali Aslikah dan suaminya mencari bunga kenanga yang berada di ladangnya tersebut bisa mendapatkan hingga 4 -5 kilogram bunga kenanga. Namun saat pohon kenanga tersebut banyak bunganya mereka bisa mendapatkan hingga 15 kilogram.

"Untuk seperti saat ini paling setiap kali mengambil daun kenanga di ladang hanya mendapatkan 4 kilogram, berbeda dengan saat bunga di atas pohon tersebut banyak," terang Aslikah kepada blokTuban.com.

Saat suami Aslikah memanjat pohon Aslikah menunggunya di bawah untuk mengumpulkan bunga di bawah. Soal harga, menurut dia setiap 1 kilogram bunga laku Rp20.000 - Rp25.000. "Harga-harga tersebut bisa mencapai hingga Rp100.000 perkilo saat menjelang hari lebaran," tambah Aslikah.

Setelah selesai mencari bunga Kenanga Aslikah mencampurnya dengan berbagai bunga seperti bunga mawar, gading, dan kenanga ini.[hud/fah]