Musim Peralihan, Pasokan Ikan Berkurang

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pasokan ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Karangsari, Kecamatan/kabupaten Tuban, berkurang sejak beberapa hari terakhir. Sebabnya, musim peralihan dari penghujan ke kemarau seperti sekarang. Menjadikan laut tenang, dan nelayan justru kesulitan mendapatkan ikan.

"Kalau laut tenang, ikan justru larinya ke tengah. Jarang yang ada di tepian pantai," kata salah satu nelayan, Karlin (30), kepada blokTuban.com, Jum'at (15/4/2016).

Dia mengatakan, mayoritas nelayan yang ada di Kelurahan Karangsari dan sekitarnya menggunakan perahu kecil. Itu artinya, mereka tidak bisa mencari ikan sampai ke tengah laut.

Akibatnya, hasil tangkapan nelayan berkurang hampir sampai 50 persen. Kalau musim biasa, rata-rata mereka bisa menangkap sampai 100 kilo sekali melaut, tapi sekarang hanya mampu menangkap antara 50 sampai 60 kilogram sekali melaut.

Meski pasokan berkurang, tetapi harga ikan di pasar masih relatif stabil. Suprapti (47), seorang pedagang ikan di TPI Karangsari menjelaskan harga tidak naik karena permintaan juga sedikit.

"Harga masih sama, karena yang mencari juga tidak banyak," jelas Suprapti.

Saat ini, harga ikan adalah Rp55 ribu sampai Rp60 ribu perkilogram untuk ikan tengiri dan ikan kakap. Kemudian Rp40 sampai Rp45 ribu perkilogram untuk harga cumi, dan rajungan mencapai Rp75 ribu perkilogram. [pur/ito]