Awal Panen Cabai, Hama Masih Jadi Ancaman

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Para petani cabai yang berada di Desa Waleran, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban saat ini telah banyak yang melakukan panen cabai, Minggu (1/5/2016).

Awal musim panen saat ini hasilnya lumayan bagus dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun begitu petani was-was dengan penyakit cabai yang sulit untuk dikendalikan mulai muncul, yaitu Patek dan serangan Hama Lembing.

Salah satu petani cabai di Desa Waleran Riono (45) mengatakan, panen saat ini merupakan panen yang pertama dan hasilnya bagus, namun penyakit Patek dan Hama Lembing mulai muncul. Sehingga ditakutkan apabila tidak segera ditangani penyakit tersebut akan menurunkan kualitas dan mengurangi hasil panen selanjutnya.

"Untuk panen awal ini hasilnya bagus, tapi ada juga yang telah terkena Patek namun tetap saya bersihkan agar tidak menular," ujar Riono kepada blokTuban.com.

Untuk upaya pencegahan, para petani telah melakukan penyemprotan obat anti hama, namun upaya tersebut hanya bisa menanggulangi Hama Lembing, dan kurang efektif untuk menanggulangi penyakit Patek.

Petani lain Parmi (45) mengungkapkan, meskipun awal panen saat ini hasilnya bagus, para petani tetap melakukan antisipasi dengan cara membersihkan cabai yang telah terkena penyakit agar tidak menular ke cabai yang lain.

"Untuk panen kali ini apabila menemui cabai yang telah terkena Patek juga ikut dibersihkan," kata Parmi. [hud/col]