Antisipasi Flu Burung, UPTD Montong Beri Penyuluhan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setelah ada kabar isu maraknya flu burung di Kabupaten Tuban, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Montong, gencar melakukan antisipasi dengan melakukan penyuluhan di kandang-kandang milik warga yang mempunyai peliharaan unggas.

Meskipun tidak pernah sampai ditemukan virus tersebut di Kecamatan Montong, namun hal itu merupakan upaya untuk pencegahan agar virus tidak masuk sampai di kecamatan setempat.

Kepala UPTD Kecamatan Montong, Mulyono mengatakan, dengan maraknya isu virus H5N1 tersebut, kami telah melakukan penyuluhan sebagai langkah untuk antisipasi, hal itu dilakukan agar virus tersebut tidak sampai menjangkit peternakan yang ada Montong.

"Kami melalui PPL, saat ini rutin melakukan penyuluhan, seperti halnya pemberian vaksin, dan penyemprotan," ujar Kepala UPTD Kecamatan Montong, kepada blokTuban.com, Selasa (29/3/2016).

Dengan upaya tersebut, UPTD kecamatan setempat berharap, agar para peternak yang ayamnya mengalami gejala tekena virus H5N1, seperti halnya mati mendadak secara masal, untuk segera melaporkan. "Setiap kali terdapat laporan kami langsung melakukan penanganan," tambahnya.

Diketahui, di Kecamatan Montong terdapat banyak peternakan yang didominasi oleh peternakan ayam potong. [hud/rom]