Naskah Ujian Nasional Telah Diamankan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Naskah ujian nasional (UN) SMA sederajat yang tiba hari ini, Senin (28/3/2016), di Mapolres Tuban akan dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Dokumen negara yang merupakan persyaratan kelulusan bagi siswa menengah atas ini, akan dijaga hingga saat pelaksanaan ujian berlangsung.

Kabag Ops Polres Tuban, Kompol Hendry Soelistiawan mengatakan, mulai hari ini naskah ujian akan dijaga oleh petugas kepolisian, sebab petugas sudah diminta bantuan oleh Disdikpora, untuk menjaga soal ujian nasional tingkat SMA sederajat tersebut.

"Diminta Kabid SMP, SMA, SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, untuk mengamankan soal ujian nasional," katanya kepada blokTuban.com

Selanjutnya, Hendry menyampaikan, bahwa proses pengamanan ini tidak berakhir sampai di Mapolres saja, namun akan dipantau hingga sampai pendistribusian di tingkat kecamatan, nantinya akan ada petugas kepolisian yang akan mengawal naskah ini, hingga sampai di lokasi yang sudah ditetapkan.

"Masing-masing sekolah akan disiagakan dua petugas kepolisian, untuk ikut mengamankan ujian, petugas tidak berpakaian seragam dinas nantinya, hanya berpakaian santai, agar siswa tidak tegang ataupun menimbulkan ketakutan saat pelaksanaan," paparnya.

Diketahui, saat ini di Mapolres Tuban sudah ada sebanyak 197 box naskah ujian nasional, yang siap diamankan oleh Polres Tuban hingga sampai saat pendistribusian berlangsung, pengaman tersebut dilakukan agar tidak tejadi kecurangan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. [nok/rom]