Warga Berharap Jalan Putus Segera Diperbaiki

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan deras kurang lebih dua jam setengah menyebabkan jalan satu-satunya poros desa yang berada di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban putus. Akibat terputusnya akses jalan tersebut, perekonomian yang berada di Kawasan desa setempat mengalami kelumpuhan hingga kurang lebih satu minggu.

Dari pantauan blokTuban.com, Selasa (15/3/2016) jalan tersebut telah dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT) namun, berhubung besarnya arus air dari hutan yang berada di kawasan dataran tinggi sehingga air mampu menghantam TPT dari bagian bawah yang kedalamanya hampir lima meter.

Kepala Desa (Kades) Dagangan, Sri Endang Mudawamah mengatakan, dengan kondisi seperti ini pastinya warga juga menginginkan agar jalan poros desa tersebut segera ditangani oleh pemerintah, karena jalan yang putus tersebut merupakan satu-satunya akses untuk menuju ke Kecamatan Parengan.

"Sementara itu warga yang menggunakan roda tiga maupun roda empat harus berbalik arah hingga sejauh 18 kilometer," ujar Sri Endang Mudawamah kepada blokTuban.com.

Salah satu pengguna jalan Hadi (30) mengatakan untuk kendaraan roda tiga seperti becak ataupun dos jarang ada yang berani lewat mas, soalnya jalan darurat yang di bangun warga sekitar dengan menguruk sebagian jalan hanya kurang lebih selebar 1 meter.

"Kalau kondisinya seperti ini ya mintanya untuk segera diperbaiki mas," ungkap Hadi.

Diketahui Kalau bangunan TPT masih kuat, dan tidak mengalami keruntuhan, hanya saja jalan tersebut putus karena terbawa arus air dari bagian bawah TPT yang mengalami kerusakan.[hud/ito]