Jalan Poros Desa Terputus, Perekonomian Warga Lumpuh

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan deras satu minggu yang lalu mengguyur kawasan Kecamatan Parengan mengakibatkan jalan poros desa yang menghubungkan antara Dusun Sumberan dengan Dusun Krajan, Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban terputus.

Terputusnya jalan ini menyebabkan perputaran perekonomian Dusun Sumberan lumpuh, hal itu terjadi apabila warga dusun sumberan yang ingin melakukan aktifitasnya di Kecamatan Parengan harus berbalik arah dan menempuh jarak hingga sejauh 18 kilometer.

Kepala Desa (Kades) Dagangan Sri Endang Mudawamah agar perekonomian tidak terhambat total para warga melakukan gotong-royong membuat jalan darurat untuk kendaraan roda dua.

"Namun apabila tidak segera ditangani jalan darurat untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua akan amblas lagi saat diguyur hujan," Terang Kades Dagangan kepada blokTuban.com, Selasa (15/3/2016).

Dari pantauan blokTuban.com pengendara roda dua banyak yang berboncengan, saat akan melintasi jalan yang putus tersebut pembonceng harus turun dulu.

Sementara itu saat ini jalan hasil gotong-royong hanya selebar kurang lebih 1 meter, dan itupun sulit untuk dilewati, sehingga apabila tidak segera diperbaiki perekonomian warga sekitar akan semakin terpuruk.

"Apabila tidak segera diperbaiki dampak perekonomian warga sangat besar, hal itu dikarenakan warga setempat harus lewat Desa Tanggulangin dan Manjung yang merupakan Kecamatan Montong apabila mau ke Kecamatan Parengan." Ungkap Kades setempat.[hud/ito]